Si Raja Bloggers

Belajar untuk menjadi yang terbaik

Suku Baduy Bawa Hasil Panen ke Pendopo Gubernur

Posted by blogcepeddie pada 24 Mei 2012

Suku Baduy Bawa Hasil Panen ke Pendopo Gubernur

 

Serang kota, TWH – seba adalah tradisi turun temurun warga baduy, yakni silaturahmi kepada Pemipin Daerah yang lazim di sebut Bapak Gede. Mereka menyerahkan laksa intisari pada hasil panen yang dikeringkan. Menurut ereka lakasa adalah symbol utuhnya keluraga baduy.

 

Seba-pun dibagi dua, seba berukuran kecil dan seba berukuran besar, seba kecil tak mengharuskan warga keluar desa, cukup di lingkungan perkampungan baduy. Sementara seba besar berdasarkan peraturan adapt, wajib hukumnya untuk pergi keluar desa dan bertemu dengan pemimpin Banten, yakni Bupati atau Gubernur.

Dalam seba, dibutuhkan persiapan fisik yang matang untuk menjalani ritual mengirim hasil panen. Mereka harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki tanpa alas kaki. (bisa dibayangkan perjalanan dari Kankekes Kab. Lebak –Serang Banten denga berjalan kaki tanpa alas kaki) dari mulai matahari terbit hungga tiga hari, untuk mencapai tujuan akhir di Kota Serang, untuk bertemu dan menyerahkan ke Gubernur langsung dan sebelumnya mereka juga melakukan seba ke Bupai Lebak.

Setelah bertemu dengan Gubernur atau Bupati mereka langsung menyerahkan hasil panen yang berupa pisang, gula aren, beras, coklat, biji kopi dan lainnya yang di serah kan kepada Gubernur yang menjabat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: